Senin, 06 Mei 2013

Gear/gir rasio idel setelah ganti roda KLX/D-tracker 150 (disesuaikan dengan beban mesin vs roda)

Buat saya,
Dan mungkin para pemula lainnya  dalam hal upgrade/rombak D-tacker 150 pasti agak dibikin pusing kira-kira hal yang bisa dilakukan untuk pemula seperti apaan sih (apalagi saya yg gak punya basic teknik mesin).
Kalo saya pribadi pasti akan milih upgrade sektor kaki-kakinya dulu, dalam hal ini roda yang aslinya menggunakan ban 14 inch dirubah ke ban ukuran 17 inch (biar tunggangan keliatan gagah).

Pada saat belanja saya memilih Velg Expedition Hitam 17 inch depan ukuran 3.0 dan belakang ukuran 3.5. Sedangkan ban menggunakan FDR Sport Xr Evo depan ukuran 110/70/17 belakang 130/70/17 (x1/x2/x3; x1 Lebar ban; x2 tinggi ban (=x1*x2/100); x3 diameter dalam)..(belanja habis 1.875Rb di Otista)


Tapi apa dampaknya terhadap si motor, selain tampak lebih besar dan tinggi dampak lain adalah output tenaga/torsi yang dikirim mesin ke roda akan berubah. Hal ini bisa di siasati dengan melakukan perubahan gear rasio depan ataupun belakang. Mari kita coba berhitung untuk medapatkan kondisi tunggangan kembali mantap untuk digunakan.
Data kondisi roda dan gear Orsinil
Gear Depan: 14
Gear Belakang : 41
Velg Belakang: 14 Inch
Ban Belakang : 120/80/14 (dimana 80 adalah tinggi ban dalam persen dikalikan lebar ban = dalam mm)

Data Kondisi roda baru
Gear Depan: 14
Gear Belakang: (yang akan menyesuaikan)
Velg Belakang: 17 Inch
Ban Belakang : 130/70/17 (dimana 70 adalah tinggi ban dalam persen dikalikan lebar ban = dalam mm)

Perhitungan komparasi roda Belakang terhadap gear belakang
Hitung diameter roda belakang Lama;
D_Lama = (VelgLama*2.54)+((2x(Tapakban*(tinggiban))/10)
D_Lama = (14*2.54)+(2x(120*80/100))/10)
D_lama = 54.76cm
Hitung diameter roda belakang Baru;
D_Baru = (VelgBaru*2.54)+((2x(Tapakban*(tinggiban))/10)
D_Baru = (17*2.54)+(2x(130*70/100))/10)
D_Baru = 61.38cm

Dari perbandingan tersebut (54.76 banding 61.38) kita bisa menentukan besar gear rasio khususnya ukuran gear belakang (ataupun depan) yg ideal/sesuai bawaan pabrik;
GearBlkngLama/GearBlkngBaru = D_RodaLama/D_Rodabaru
41/GearBlkBaru = 54.76/61.38
GearBlkngbaru = 41/54.76 x 61.38
GearBlkngbaru = 45.96 (dibulatkan 46)

Nah, didapat dah angkanya, yang berarti setelah adanya perubahan besar roda dari 14" ke 17" tersebut maka gear yang ideal/sesuai defaultnya adalah 46 (beban mesin akan relative sama dengan beban mesin sebelum pergantian roda)

Angka gear belakang bisa saja dirubah2 dengan konsekuensi akan ada perubahan beban pada mesin.
dengan kondisi ban dirubah seperti diatas maka sbb;
@ Gear depan 14 dan Belakang 46 --> beban mesin akan sama seperti default motor sebelumnya
@ Gear depan 14 dan Belakang 47 --> torsi naik, top speed kurang sedikit
@ Gear depan 14 dan Belakang 48 --> torsi naik lumayan, top speed berkurang lumayan

Saya sendiri pake gear depan 14 belakang 48, perasaan gak enak kalo pakai di jalan berasphalt, motor gak bisa ngebut cuma bisa 60-70kpj pake Premium 100an kpj pake PertamaxPlus (dapet 100kpj sesudah seting ulang karbu di Pamulang, untuk pemakaian gir 48 stop and go nya udap pasti ajib dah..), sekalipun bisa lebih ngebut kasian mesinnya. Jadi harus jajan lagi beli gear yg kecilan (kayaknya).

Update: sekarang sudah pakai 14 46. cocok buat ngaspal/track panjang.

Demikian itung2annya... semoga bermanfaat (dan semoga saya juga gak salah ya.. :))..
Share:

43 komentar:

  1. (VelgLama*2.54)+((2x(Tapakban*(tinggiban))/10)....mohon maaf saya tanya mas....angka 2.54 rumus dari hasil hitungan apa ya? Terima kasih atas penjelasannya...

    BalasHapus
  2. karena saya pakai satuan cm maka perlu di konversi Inch to mm (1 inch=2.54cm).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan mau tanya kalau gear dpn nya 15 belakang 47 kira kira gmana gan

      Hapus
  3. Terima kasih atas infonya mas...sekarang PR saya buat nyari Final Gear 46...mas punya rekomendasi tempat beli final gear 46? terima kasih

    BalasHapus
  4. Kalau cuma ganti ban aja dari ukuran 90/90 ke 120/80 dan tanpa ganti velg, perhitungan.nya sama gak beroo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itung diameter roda awal;
      90mm*90%= 81mm (satu sisi, kalo atas bawah tinggal kali 2 =16.2cm)
      kalo velg nya pakai 14inch maka tinggal tambahin diamter velg tambah tebal ban
      = (14inch*2.5)+16.2cm = 51.2cm

      Itung diameter roda baru;
      120mm*80%= 96mm (satu sisi, kalo atas bawah tinggal kali 2 =19.2cm)
      kalo velg nya pakai 14inch maka tinggal tambahin diamter velg tambah tebal ban
      = (14inch*2.5)+19.2cm = 54.2cm

      Itung gear baru;
      GearBlkngLama/GearBlkngBaru = D_RodaLama/D_Rodabaru
      Misalkan gear belakang lama 41 (kalo beda tinggal masukin)
      41/n=51.2/54.2
      n=41/(51.2/54.2)
      n=43.6 (dibulatkan 44)

      begitu mungkin ya.. :_)

      Hapus
  5. :_) maaf beneran karena jarang online.
    untuk gear saya bisa beli online (pastinya yang rekomen, di kask*s banyak).

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. gan, kalau yang diganti kaki depannya aja ke 17", kira2 bagus ga ya?

    BalasHapus
  8. (1 inch=2.54cm)... maaf mas sy tanya...karena pakai cm maka hrs dkonversi inch to mm atau cm...tp apa yg di hitung sehingga hrs di konversikan ke mm atau cm...

    BalasHapus
  9. Saya menggunakan satuan cm mas, karenanya ada pembagi 10 dihitungannya (konversi mm ke cm).

    BalasHapus
  10. Mas kalo ganti knalpot racing seting karburator ukuran main jet dan pilot jet di ganti tdk?

    BalasHapus
  11. Enak pake gir 56 gan,tarikan nya luaaar biasa...
    Walaupun top speed cuma 100kpj
    Skrg ane pake gir 50,top speed nya nambah tarikannya juga tetep oke...
    Cocok buat d jalann kota...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl untuk rante 520 ukuran yg ideal gir depan belakang brp ya gan?

      Hapus
  12. Misi numpang tanya gan, kalo misal diganti ke gear 45 efeknya gimana gan?
    Soalnya menurut saya, waktu masih roda standar pake gear 41 terlalu enteng
    Mohon pencerahannya suhu suhu. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. napasnya lebih panjang, tp tarikan agak lambat

      Hapus
    2. Kalu ditambah dengan knalpot dor (blombongan) , apa bisa menambah kekuatan tarikan nya?

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Ban nya kena rantai gak gan?
    Apa perlu nambah spacer? Thanks

    BalasHapus
  15. Mau tanya gan,saya ini pake pelek belakang ukuran 3.50 trs ban 120/70/17 nah itu kok kena rante solusinya gmna ya

    BalasHapus
  16. untuk solusi ban mentok rantai, gir bisa menggunakan spacer.
    thx for commentnya. :_)

    BalasHapus
  17. Kalo gear belakang 48 mau gedein gear depan,cocoknya berapa ukuran gear depannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14/46 = x/48
      x = 14.6
      kalo dibulatkan bisa pakai gear 15

      Hapus
    2. Idealnya belakang gir 50 rante 520 depannya gir brp ya gan?

      Hapus
  18. untuk rantai ke pentok ga pake velg 350 dan ban 130

    BalasHapus
  19. Bg bro saya juga mngalami hal yg sama, pas saya ganti velg exspedition ukuran blakang 3.50 dan saya pakai ban ukuran 17/130 mentok rantainya bg bro,, mohon masukan jalan keluarny bg bro,, mksi sebelumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau bisa diakalin pake spacer gear ato stell ulang velgnya di payung ke kanan(geser kanan sehingga tdk centre dg tromol)

      Hapus
  20. Bro kalo klx bf dibuat supermoto cocoknya kaki kaki diganti ukuran berapa....

    BalasHapus
  21. Brader...saya mau nanya soal knalpot racing yg saya beli saluran pipa keluaran udara tidak ada, sedangkan knalpot bawaan pabrikan ada,apakah dipasang langsung dan selang untuk masuk ke pipa knalpot saya sumbat akan terjadi kendala..mohon arahan lanjutan nya

    BalasHapus
  22. @& mas iki gear sampe 56?? Wlpun gas pentok ya pasti disalip h...a grand����,, punyaku pake 14-46 aja cuma bisa lari 100km/jam (mesin standart ting ting dg uk velg 17")

    BalasHapus
  23. Kalo ban depan 120/70 dan belakang 150/60. Gir yang cocok ukuran berapa bang?

    BalasHapus
  24. Kalo ban depan 120/70 dan belakang 150/60. Gir yang cocok ukuran berapa bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah saya juga sama mau nanya ini haha, tp yg punya blog kyknya udah vakum

      Hapus
  25. Bos/suhu2,saya mau nanyak ni gimana cara naikan top speed nya saya ganti sss depan 14 belakang 47 semenjak saya makai yang ini kurang enak top speed nya berkurang yang lama bawaan sorum 14 depan 43 belakang,nah sekarang ni saya bingung mau ganti ger belang ukuran berapa biar supaya nambah top soeed nya? Tong di bantu suhuu punya saya D treker se 2017

    BalasHapus
  26. Mas saya ban depan 17 110/70 belakang 17 120/70 gir belakang 45 depan 14. Nah kalo depan saya kurangin 13 atau 12 bisa lebih enak ga di aspal ngebutnya?

    BalasHapus
  27. Kalo pake gear depan 14 belakang 45 gimana om kira2 ?

    BalasHapus
  28. Klo pake 14-44 enak gk bang buat ngejar top spedd??

    BalasHapus
  29. Kalau 52 belakang 15 depan apa cocok untuk perjalanan jauh buat klx 150 dgn velek depan 21 belakang 18

    BalasHapus
  30. 17 45 gimana bang untuk jalan aspal?

    BalasHapus
  31. Kalau pelak 17 ban 80/90 sama 90/80
    Ukuran brapa gear yang bagus,buat jalan aspal,supaya speed enak tenaga gak pala down
    Dtracker 2014,mohon d balas mas
    Soal nya sekarang saya pakai yang 14/46 speed nya kurang mas,mintak gigi terus

    BalasHapus
  32. Kalau klx bf xt enak nya pakai ger depan n ger blakang ukuran berap um ..velg masih setandar pabrik ..buat aspak kota ..kira2 uguran ger brapa gan ..

    BalasHapus